Peningkatan Konsumen Online dan Pasar E-Commerce Indonesia

Tingkat keyakinan konsumen online Indonesia terus meningkat di Indonesia dan kini telah menempati peringkat tertinggi ketiga di dunia. Hasil ini berdasarkan survei Global Survei of Consumer Confidence and Spending Intention Q3 2016 yang dirilis Nielsen menunjukkan indeks keyakinan konsumen Indonesia mencapai 122, hanya di bawah India dan Filipina. Hal ini bisa terjadi lantaran pasar e-commerce Indonesia yang semakin lama juga berkembang pesat. Indonesia pada 2015 menjadi pasar e-commerce terbesar di wilayah Asia Tenggara (ASEAN) mencapai US$ 1,7 miliar. Jumlah ini melampaui Singapura dan Malaysia yang masing-masing hanya sebesar US$ 1 miliar. Perkembangan ini salah satunya juga didorong oleh iklim bisnis yang ramah dan tingkat kepercayaan masyarakat juga mulai berkembang. Fakta ini penting untuk menambah khazanah data ekonomi Indonesia yang berguna untuk menjadi penelitian dan pertimbangan para investor ke depannya.

tingkat-keyakinan-konsumen-online-indonesia-tertinggi-ke-3-di-dunia-by-katadata

Gambar 1: Keyakinan Konsumen Online

Peningkatan peringkat Indonesia ini dorong oleh naiknya skor keyakinan konsumen akan kondisi keuangan pribadi dalam 12 bulan kedepan yang naik 3 poin menjadi 84 dan keinginan berbelanja naik 6 poin enjadi 60. Sejalan dengan perkembangan pasar e-comerce Indonesia, Vietnam, dan Filipina diproyeksi menyimpan potensi pasar yang cukup besar untuk menjadi pasar e-commerce pada 2025 mendatang. Transaksi di masing-masing negara diperkirakan akan mencapai lebih dari US$ 5 miliar. Dengan jumlah transaksi yang sebesar itu dapat diyakini bahwa konsumen tidak keberatan untuk melakukan transaksi secara online dibandingkan mode berbelanja terdahulu yang secara tunai.

google-terbesar-di-asean-pasar-e-commerce-indonesia-us-17-miliar-pada-2015-by-katadata

Gambar 2: Pasar e-Commerce Indonesia

Kabar menggembirakan lainnya dalam 10 tahun mendatang, riset Google dan Temasek menyebut pasar Indonesia akan tumbuh paling tinggi rata-rata 39 persen per tahun. Indonesia diperkirakan akan menjadi pasar e-commerce terbesar di ASEAN dengan proporsi 52 persen terhadap pasar seluruh wilayah. Survei ketertarikan dan kepercayaan konsumen online akan semakin mudah diamati karena memberi perspektif dari kebiasaan pengguna internet dalam melakukan transaksi online. Maka seiring dengan meningkatnya peringkat pasar e-commerce Indonesia, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan memiliki konsumen online tertinggi di dunia yang kelak akan menggantikan transaksi konvensional.

Advertisements

Author: pusatdataekonomi

Cara mudah dan cepat mendapatkan beragam data statistik ekonomi, bisnis, pasar, teknologi dan topik penting lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s