Inilah 10 Saham Paling Menguntungkan

Dalam dunia bisnis, bursa saham sudah bukan hal asing lagi. Banyak orang yang telah mencoba peruntungannya dengan bermain saham, baik yang bermodal kecil ataupun besar. Beberapa saham dari kumpulan emiten ini berpotensi membawa keuntungan paling maksimal di antara saham emiten lainnya. Berikut adalah penjelasan saham paling menguntungkan 2016.

Salah satu saham yang mencatatkan keuntungan terbesar yaitu PT Pelat Merah Nusantara Tbk (NIKL) dan PT Indofarma Tbk (INAF). Kedua emiten ini memberikan cuan terbesar bagi para pemegang sahamnya dengan mencatat kenaikan harga lebih dari 1.000 persen. Seain itu ada juga  saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Delta Dunia Makmur Tbk DOID), dan PT Semen Baturaja (SMBR) yang juga memberikan keuntungan besar bagi investor di bursa Jakarta dengan masing-masing kenaikan di atas 300 persen.

Salah satu emiten dengan saham terbesar yang telah disebut sebelumnya, yaitu NIKL sepanjang 2016 ini mencatat kenaikan 1.558,4 persen menjadi Rp 830 per lembar. Lalu saham emiten INAF menguat 1.068,8 persen menjadi Rp 1.870 per unit. Kenaikan emiten lainnya seperti yang dialami saham BRPT naik 633,3 persen menjadi Rp 955, disusul  saham INDY yang naik 518,9 persen menjadi Rp 676 persen menjadi Rp 675 per lembar.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia yang naik mendekati level 5.500 memberikan keuntungan terutama bagi investor bursa Jakarta. Hingga 23 Agustus 2016, IHSG telah mencatat kenaikan 19,4 persen ke level 5.403,99 dari posisi awal tahun di posisi 4.525,92. Para investor bisa berpesta pora karena saham-saham yang dimilikinya terutama yang berasal dari emiten-emiten di atas melonjak hingga ribuan persen. Namun kenyataannya bermain saham tidaklah semudah itu, investor tidak hanya harus memantau pergerakan harga di bursa tapi mereka juga harus jeli memilih saham yang paling menguntungkan dari pengamatan situasi dan kondisi perekonomian, politik, dan sosial yang ada.

10-saham-paling-menguntungkan-bagi-investor-by-katadata

Gambar: Databoks

Advertisements

Author: pusatdataekonomi

Cara mudah dan cepat mendapatkan beragam data statistik ekonomi, bisnis, pasar, teknologi dan topik penting lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s