Kebijakan Baru Kemenristek Mensyaratkan Dosen Tidak Harus S2

Pemerintah kembali merombak beberapa kebijakannya. Tidak terkecuali di sektor pendidikan tinggi yang kini tengah mengalami perubahan cukup besar. Meskipun tidak ada perubahan pada anggaran pendidikan 2017, namun di sisi lainnya ada perubahan kebijakan yang cukup besar. Keputusan tersebut secara langsung maupun tidak dapat berpengaruh pada tatanan fondasi struktur pendidikan yang telah berjalan di Indonesia. Kebijakan terbaru sektor pendidikan ini tengah dibuat oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek)

Kemenristek tengah membuat terobosan kebijakan mengenai syarat seseorang yang boleh mengajar atau menjadi dosen di perguruan tinggi. Selama ini pemerintah mensyaratkan bahwa seorang dosen harus berijazah Strata 2 (S2). Namun, itu tidak menjadi syarat utama lagi.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir menyatakan bahwa seseorang yang tidak memiliki gelar tapi kompetensinya sangat baik juga harus diberi kesempatan untuk mengajar. Yang sebelumnya harus S2, nanti yang mempunyai gelar S1 atau D4 bisa menjadi dosen. Akan tetapi orang tersebut harus memiliki kualifikasi dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Dari 263 ribu dosen, 49 ribu berpendidikan D3-S1. Sekitar 195 ribu dosen berpendidikan S2 dan S3, sementara dengan pendidikan Spesialis (Sp) berjumlah tiga ribu. Sementara dari kalangan profesi mencapai 1.292 ribu dosen dan tanpa jenjang mencapai sekitar 15 ribu. Secara kasat mata, kebijakan ini dapat dilihat akan berdampak pada semakin mudahnya syarat seseorang untuk menjadi dosen. Namun mengingat ad aula tuntutan kompetensi lainnya, maka ada kemungkinan pengalaman dan potensi para pelamar dosen akan semakin bervariasi dan unik demi memenuhi persyaratan tersebut.

menristek-dosen-tidak-harus-s2-by-katadata

Gambar: Databoks

Advertisements

Author: pusatdataekonomi

Cara mudah dan cepat mendapatkan beragam data statistik ekonomi, bisnis, pasar, teknologi dan topik penting lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s