Jumlah Penduduk Muslim Jakarta 2016

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki keberagaman latar belakang penduduknya baik secara geografis maupun demografis. Keberagaman ini semakin terlihat terutama di ibukota negara, yaitu DKI Jakarta. Jumlah penduduk Jakarta 2016 yang telah bertambah dari tahun sebelumnya menjadikan kota ini terpadat se-Indonesia sekaligus menjadi titik lebur pertemuan segala unsur masyarakat, dari perbedaan agama, suku, ras, jenis pekerjaan, dll.

Mayoritas pendududuk DKI Jakarta pada 2014 beragama Islam. Menurut data Jakarta.go.id, jumlah warga Jakarta yang memeluk agama Islam mencapai 8,34 juta jiwa atau 83 persen dari total populasi, yaitu 10 juta jiwa. Sementara warga Jakarta yang beragama Kristen mencapai 862,9 ribu jiwa dan Katholik 404,2 ribu jiwa. Maka dapat dinyatakan bahwa mayoritas masyarakat di Jakarta menganut agama islam.

Indonesia tidak hanya mempunyai beragam kebudayaan dan bahasa, tetapi juga beragam agama. Keragaman beragama penduduk dijamin dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28E. Sebagai negara hukum, Indonesia turut memberikan payung hukum sebagai rambu-rambu bagi tiap kelompok masyarakat yang ada dalam berinteraksi dan menghindari terjadinya kesalahpahaman atau pertikaian.

101345-83-persen-penduduk-dki-jakarta-beragama-islam

Sumber: Databoks

Advertisements

Author: pusatdataekonomi

Cara mudah dan cepat mendapatkan beragam data statistik ekonomi, bisnis, pasar, teknologi dan topik penting lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s