Polri, Lembaga dengan Alokasi Anggaran Negara Terbesar di 2017

Anggaran negara dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kemajuan rakyat. Kemajuan itu bisa dialokasikan pada berbagai sektor seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan keamanan. Hal tersebut telah diatur oleh pemerintah tiap tahunnya dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi ekonomi, politik, dan sosial. Tiap lembaga maupun institusi negara mendapatkan masing-masing alokasinya yang disusun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) merupakan salah satu Kementerian/Lembaga (K/L) yang mendapat perhatian cukup besar dalam alokasi anggaran di APBN 2017. Nyatanya, lembaga ini mendapat kenaikan bujet terbesar dalam 2017 dibandingkan Rancangan APBN (RAPBN) 2017. Pada APBN 2017, anggaran untuk Polri naik 16,02 persen menjadi Rp 84 triliun. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan 14 K/L yang mendapat anggaran terbesar lainnya.

Sedangkan Kementerian Kelautan dan perikanan (KKP) pada APBN 2017 mengalami pemangkasan terbesar, yakni 7,92 persen menjadi Rp 9,3 triliun dibandingkan RAPBN 2017. Dari 15 K/L dengan anggaran terbesar, 9 K/L yang mengalami pemangkasan anggaran, 4 mengalami kenaikan dan sisanya tidak mengalami perubahan. Total 15 K/L dengan anggaran terbesar pada 2017 mencapai Rp 652,2 triliun, naik sekitar Rp 2,9 triliun atau 0,43 persen dari RAPBN 2017. Maka, dapat dilihat bahwa anggaran Polri 2017 ini merupakan yang terbesar dibanding lembaga negara lainnya.

101784-pada-apbn-2017-kenaikan-anggaran-polri-terbesar

Sumber: Databoks

Advertisements

Author: pusatdataekonomi

Cara mudah dan cepat mendapatkan beragam data statistik ekonomi, bisnis, pasar, teknologi dan topik penting lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s