2016, Tenaga Kerja Asing di Indonesia Meningkat

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) di bawah lembaga Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), diketahui bahwa data tenaga kerja asing di indonesia semakin meningkat pada tahun 2016. Warga asing yang datang ke Indonesia untuk bekerja bersal dari berbagai negara. Kelompok ini ada yang datang disertai dokumen legal, namun kerap kali ada yang ditemukan dengan status yang masih diragukan atau illegal.

Jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang berada di Indonesia hingga November 2016 mencapai 74.183 pekerja meningkat 7,5 persen dari posisi akhir 2015, yaitu 69.025 pekerja. Rata-rata tenaga kerja asing di Indonesia periode 2011-2016 mencapai 71.776 pekerja. Jumlah tenaga kerja asing di Indonesia tersebut berdasarkan izin mempekerjakan tenaga asing (IMTA) yang dikeluarkan pemerintah.

Mulai diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) awal 2016 dan serbuan TKA asal Cina telah memicu banyaknya tenaga asing di Indonesia. Selain itu, diberlakukannya bebas visa terhadap 160 negara juga turut meningkatkan pekerja asing illegal di Tanah Air.

Sebenarnya TKA yang bekerja di Indonesia harus memiliki skill atau keahlian tertentu dan bukannya pekerja kasar sehingga tidak mematikan lapangan kerja bagi pekerja lokal. Namun, para pengusaha di daerah-daerah banyak yang mendatangkan pekerja asing dengan alasan upah yang murah. Padahal biasanya hanya korporat-korporat besarlah yang mampu mendatangkan tenaga kerja asing untuk mengisi posisi professional.

102926-2016-tenaga-kerja-asing-di-indonesia-meningkat

Sumber: Databoks

 

Advertisements

Author: pusatdataekonomi

Cara mudah dan cepat mendapatkan beragam data statistik ekonomi, bisnis, pasar, teknologi dan topik penting lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s