Inilah Provinsi Paling Rawan Kriminal di Indonesia

Tindak kriminal kerap terjadi dengan berbagai bentuk di semua tempat. Tidak terkecuali di Indonesia yang memiliki wilayah luas dengan kondisi demografis yang unik di masing-masing tempat. Beberapa kota di Indonesia memiliki reputasi rawan tindakan kriminal jika dilihat secara data historisnya. Tindak kejahatan ini diukur berdasarkan penghitungan rasio. Berikut adalah uraian mengenai kota paling rawan kriminal di Indonesia.

Sulawesi Utara mencatat tingkat risiko terkena kejahatan tertinggi, yakni 328 (setiap 100.000 penduduk diperkirakan sebanyak 328 orang berisiko terkena tindak kejahatan), disusul oleh Polda Sulawesi Tengah (317) dan Sumatera Barat (317). Angka tersebut merupakan jumlah orang yang berisiko terkena tindak kejahatan (crime rate) setiap 100.000 penduduk. Semakin tinggi angka kriminalitas menunjukkan semakin banyak tindak kejahatan pada masyarakat yang merupakan indikasi bahwa masyarakat merasa semakin tidak aman.

Risiko penduduk terkena kejahatan (crime rate) selama periode 2013-2015 mengalami naik-turun. Jumlah orang yang berisiko terkena tindak kejahatan (crime rate) setiap 100 ribu penduduk diperkirakan sebanyak 140 orang pada 2013, sebanyak 131 orang pada 2014, dan 140 orang pada  2015. Namun demikian, jumlah penduduk yang menjadi korban kejahatan terus meningkat. Setelah pada 2013 tercatat 2,43 juta orang, meningkat menjadi sekitar 2,66 juta orang di tahun 2014 dan menjadi sekitar 2,64 juta orang di tahun 2015.

Sumber: Databoks

103076-10-provinsi-paling-rawan-kriminal-di-indonesia

Advertisements

Author: pusatdataekonomi

Cara mudah dan cepat mendapatkan beragam data statistik ekonomi, bisnis, pasar, teknologi dan topik penting lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s