Indonesia, Populasi Etnis Tionghoa Terbanyak di Dunia

Indonesia merupakan negara dengan populasi etnis Tionghoa terbesar di dunia yang tinggal di luar Tionghoa. Populasi tionghoa di Indonesia tidak kurang dari 7,6 juta jiwa yang kini bermukim di Indonesia. Sedangkan Thailand menjadi negara nomor dua dengan populasi sekitar 7 juta jiwa. Tidak dapat dipungkiri juga, Indonesia merupakan negara yang memiliki aspek multikultural yang cukup signifikan, karena terdiri dari berbagai suku maupun perkawinan campuran yang mendorong semakin merebaknya fenomena akulturasi. Tak terkecuali akulturasi dari etnis Tionghoa dalam budaya Indonesia ini.

Kebijakan dwikewarganegaraan yang diterapkan Tionghoa memungkinkan etnis Tionghoa di berbagai belahan dunia untuk tetap memperoleh status kewarnegaraan Tionghoa jika mau. Umumnya etnis Tionghoa di berbagai belahan dunia secara ekonomi mapan. Namun banyak juga yang bekerja sebagai buruh kasar. Karena etnis Tionghoa ini memiliki dimensi yang beragam dan besar secara kuantitas maka tidak heran mereka bertendensi menempati berbagai wilayah yang tersebar di seluruh dunia.

Besarnya jumlah penduduk di wilayah Tionghoa membuat negara ini memiliki sumber daya manusia yang banyak, khususnya buruh untuk keperluan industri. Hal ini menjadikan SDM relatif murah. Diaspora warga Tionghoa di berbagai belahan dunia itu, merupakan satu kekuatan yang memiliki peranan penting dalam menyukseskan kebijakan politik ekonomi Negeri Tirai Bambu selama ini.

Sumber: Databoks

indonesia-populasi-etnis-cina-terbanyak-di-dunia-by-katadata

Advertisements

Author: pusatdataekonomi

Cara mudah dan cepat mendapatkan beragam data statistik ekonomi, bisnis, pasar, teknologi dan topik penting lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s